Rabu, 02 Mei 2012

Geng Motor dan Tragedi Kerusuhan 1998 


Geng motor kini sedang menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat. Hal ini karena geng motor sudah membuat keresahan ditengah masyarakat karena telah mengusik rasa keamanan dan kenyamanan masyarakat.
Yang sedang ramai dimedia masa adalah Geng motor yang telah membuat resah masyarakat dan telah menimbulkan korban jiwa.. Siapa sebenarnya orang-orang yang berada di balik geng motor?
Sampai saat ini belum terungkap atau bahkan mungkin tidak pernah terungkap.
Masih ingat kerusuhan tahun 1998?
Kerusuhan waktu itu hampir serentak terjadi dibeberapa wilayah Ibukota. Dalam logika berfikir saya, tidaklah mungkin massa dapat bergerak secara serentak jika tidak ada yang memprovokasi, dan uniknya kejadian tersebut seperti ada yang memberi komando, yang mungkin dibagi beberapa group untuk disebar ke beberapa wilayah.
Group_group inilah yang kemudian dibagi menjadi kolompok-kelompok kecil yang bertugas memprovokasi masyarakat untuk melakukan tindakan anarkis dan kerusuhan pada Bulan Mei 1998.
Kalau memang kerusuhan tahun 1998 adalah spontanitas masyarakat sepertinya hal yang mungkin prosentasinya kecil, sedangkan yang berperan besar adalah provokator terorganisir, sehingga kerusuhan waktu itu cepat sekali terjadi dan menyebar hampir diseluruh wilayah ibukota dan wilayah lainnya.
Lalu apa hubungannya dengan Geng Apabila fenomena geng motor saat ini juga menyebar secara serentak ke berbagai wilayah di Jakarta atau kota lain selain Jakarta, maka ada kemungkinan bahwa geng motor ini bukanlah tindakan kriminal biasa, melainkan dilakukan orang-orang yang terorganisir dan dikendalikan oleh satu komando. Kita lihat saja perkembangan ke depan, jika geng motor ini berkembang secara serentak dikota-kota lain dan melakukan hal yang sama maka sudah dipastikan bahwa model dan pola yang dipergunakan adalah sama dengan kasus kerusuhan tahun 1998.
Tulisan ini hanyalah pemikiran dan opini pribadi, bukan untuk mencurigai dan memojokan siapapun, namun hanya untuk kewaspadaan kita semua sebagai anggota masyarakat bahwa Jangan mudah terprovokasi apalagi terpengaruh oleh siapapun juga untuk melakukan hal-hal yang anarkis yang dapat merugikan diri sendiri, orang lain dan masyarakat secara luas.
Semoga Fenomena geng motor ini segera bisa diredam dan ditangani oleh pihak yang berwajib sehingga ketenangan dan ketenteraman masyarakat bisa pulih kembali.

Sumber: http://kuncoromm.blogdetik.com/2012/04/19/geng-motor-dan-tragedi-kerusuhan-1998/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar